Posted by : Unknown March 10, 2013


POT TANAMAN DARI BOTOL BEKAS (GO GREEN)


Ahhh  Segerrr………!!!
                    Akhirnya kembali  segar, setelah olahraga pagi dan membeli sebuah  air mineral dingin untuk mengobati dahaga. HABIS? dibuang saja botolnya, tapi terlintas dipikiran karena setiap membeli minuman botol  pasti habis diminum langsung dibuang, sayang kan padahal bisa dibuat sesuatu, jadi disimpan saja.  
             Sekarang dikamar saya sudah cukup  banyak terkumpul  botol air mineral  bekas beserta kawand-kawandnya melihatnya saja sayang sekali kalau dibuang. 
           iseng-iseng buka di internet tentang menurunkan suhu dalam ruangan, ternyata ada tanaman yang dapat menurunkan suhu dalam ruangan dalam yaitu salah satunya tanaman lidah mertua atau bahasa latinnya sansevieria termasuk tanaman yang mudah perawatannya dan tidak terlalu tergantung pada cahaya matahari akan tetapi semua tanaman membutuhkan yang namanya cahaya matahari untuk berfotosintesis. tanaman hanya butuh  1 atau 2 kali saja penyinaran kalau tanaman ini ditempatkan di dalam ruangan. melihat spesifikasi dari tanaman ini yaitu :
                   –   dapat menghilangkan bau
                   –   dapat menurunkan suhu panas dalam ruang 2-4%
                   –   serta memberi rasa segar dalam ruangan 
               karena melihat tumpukan botol dan pernah melihat di rumah teman botol bekas dijadikan pot tanaman jadi saya mengaplikasikan juga, walaupun sebenarnya sudah banyak yang menggunakan botol bekas menjadi pot tanaman.
              searching pun saya lakukan di internet buat botol bekas ternyata ada metode yang cukup menarik menaman tanaman di  pot botol bekas ini menurut saya, karena metode digunakan agar disaat kita tidak dapat menyiramnya  metode bisa digunakan sebagai alternatif
 
                    Cara membuatnya juga sangat mudah, gambar diatas menunjukkan botol bekas dengan kapasitas 2 Liter  yang dibelah dua dan diisi tanah dan bagian atas dibalikkan kemudian didudukkan pada potongan sisanya tadi  yang diisi dengan tanah juga
           Di sini saya tidak menggunakan penyerap dari media air ke tanah tapi saya memodifikasi sedikit menggunakan penutup dari botol tersebut saya melubanginya dengan jarum untuk proses peresapan air pada tanah, jadi saat tanah mengalami kekurangan air dia dapat mengambilnya atau menyerap dari tampungan air yang berada dibawah seperti pada gambar
                   Tampungan air, serta pada tutup botol pada bagian bawah yang dilubangi agar dapat menyerap air dari bawah apabila tanaman tersebut kekurangan air, jadi kita tidak perlu repot-repot untuk menyiramnnya setiap hari karena sebgai gantinya sudah ada tampungannya.
                        Belajar menghijaukan lingkungan sekitar kita dulu baru lingkungan lain dan walaupun potnya sederhana dari botol bekas air mineral tapi kita setidaknya mengurangi sampah yang kita buang sehari-hari dengan menggunakannya  kembali (re-use) walaupun itu hanya sedikit. :)

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

DMCA.com Copyright © 2013 Enjoy The Pain - Powered By Blogger - Editing By Jaringan Fathan